Pantai Pink ; Sepotong Patahan Surga ( Catatan untuk Traveller dan Backpacker )

Dari banyaknya pertanyaan seputaran wisata Lombok baik melakui email, komentar di blog hingga ada yang sms dan telepon saya malam-malam. Akhirnya saya memberanikan diri untuk menulis satu tulisan lagi yang teramat penting bagi para pemburu indahnya alam Lombok. Kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai Pantai Pink atau pantai Tangsi. Rasa-rasanya sih sudah banyak sekali blogger atau traveler yang mengulas masalah ini, tapi tidak apa itung-itung tullisan ini menambah khazanah si kakek gugel.

Baiklah saya akan memulainya dengan masalah posisi pantai Pink. Pantai pink terletak di pinggiran Lombok Timur. Untuk menuju pantai indah tersebut, kita dapat melewati kecamatan Jerowaru. Bila posisi kalian berada di Lombok utara, Lombok barat, Lombok tengah maka bagusnya sih kalian ambil jalur dari jalan terusan pantai kuta Lombok. Jalannya bercabang-cabang, bingung juga saya mau kasih arah sementara saya sendiri adalah pendatang dari jawa..haha. Kalau posisi kalian berada di sembalun ( setelah pendakian sih biasanya ), maka bagusnya kalian mengambil jalur selong lurus terus hingga Jerowaru. Satu hal penting yang ingin saya sampaikan, Lombok itu sulit angkutan umum. Maka untuk berwisata dari tempat ke tempat lainnya kita harus menyewa motor atau menyewa mobil atau taxi. Nah untuk pantai Pink sendiri tidak banyak para pengemudi yang berani untuk mengantar para pelancong kesana. Kenapa ? Karena jalan menuju pantai Pink sangat, sangat , sangat jelek. Berbatu, dan bila musim hujan banyak genangan air yang sebenarnya merupakan lubang jalan yang teramat besar dan akan merusak sasis mobil bila terjebak ke dalamnya. Tapi alhamdulillahnya, perbaikan jalan menuju pantai pink sedang dilakukan, nampaknya pemerintah Lombok Timur sangat concern dengan potensi wisata di sekitar jerowaru ini. jadi, jangan khawatir… tetap tekadkan niatmu untuk ke pantai pink, masih banyak kok para pengemudi yang berkenan mendapingi kalian. Sebenarnya di sekitar pantai pink terdapat spot pantai yang bagus-bagus juga, diantaranya adalah Tanjung Ringgit, Benoa. Untuk Tanjung Ringgit, hanya bisa dilewati oleh motor, sedangkan Benoa sekarang udah dikavling oleh satu perusahaan yang hanya bisa diakses oleh konsumen mereka sendiri.

baca dong

Skala prioritas. Mungkin ini yang belum ada pada tulisan-tulisan tentang Lombok. Ada yang pernah menelepon saya, bahwasannya dia ingin mengunjungi tiga spot wisata dalam satu hari diantaranya adalah Sendang Gile, Pantai Kuta dan terakhir Pantai Pink. Waktu itu juga saya sampaikan bahwa ketiga spot itu berlawanan tempat dan sangat berjauhan. Sendang Gile ada di Utara, Pantai Kuta di Lombok Tengah dan Pantai Pink ada di Lombok Timur. Bagi saya perjalanan tersebut terlalu nekat dan memaksakan. Saya rasa, perjalanan pun tidak akan dinikmati dengan sempurna. Maka, bagi para traveler/backpacker yang ingin ke Lombok, buat dulu skala prioritasnya kemana saja kalian akan berkunjung. Berikut sedikit info bagi kalian untuk menentukan skala prioritas :
Spot Wisata
Lombok Tengah
Main Air, Surfing, Selfi-selfian,
Desa Sade
Silaturahim ke Penduduk, Shopping mungkin, selpi-selpian.
Pantai Pink
Lombok Timur
Main Air, Snorkling, Keliling Pulau, Selpi-selpian.
Gili Kondo
Main Air, Selpi-selpian
Sembalun
Lombok Timur
Main sama onyet-onyet, selpi-selpian.
Rinjani
Lombok
Naik Gunung, mungkin juga bulan madu hahaha…
Saya akan mencoba membantu teman-teman untuk membuat skala prioritasnya agar perjalananmu nyaman dan tentunya sempurna.
1 Hari (tidak termasuk pergi dan pulang)
Bila kamu hanya memiliki waktu libur 1 hari (tidak termasuk waktu pergi pulang), maka saya sarankan kalian untuk memadatkannya di pulau gili trawangan, gili air dan gili menuk. Contohnya, bila kalian naik pesawat dari Jakarta dan tiba pukul 06.00 maka saya sarankan langsung meluncur ke Gili trawangan, mungkin kalian akan sampai gili pukul 9 pagi, masih ada kesempatan bagi kalian untuk ikut snorkling yang biasanya dimulai dari jam 10 pagi tepat. Kalw kalian datang lebih dari jam itu berari kalian gak akan dapet snorkling pada hari itu, harus menundanya pada hari esok. Oleh karena itu, carilah transportasi yang bisa mendarat ke Lombok sepagi mungkin, agar liburan kalian sempurna.
2 Hari (tidak termasuk pergi dan pulang)
Bila kalian hanya memiliki waktu 2 hari, saya sarankan kalian memadatkannya untuk 2 spot wisata, yaitu Gili trawangan dan Pantai Pink. Pengaturan jadwalnya gini, pada hari pertama kalian puaskan snorkling, jalan-jalan, atau bagi yang berkelebihan rezeki bisa menyelam, night party, selpi-selpian di gili trawangan. Hari kedua, kalian bangun pagi-pagi, kemudian sarapan dan bersiap sebelum jam 8 pagi di terminal kapal untuk menyebrang ke Bangsal. Namun, kalian harus punya mobil carteran menuju Pantai Pink. Jarak tempuh rata-rata Bangsal-Pantai Pink bisa 2-2,5 jam. Bila kalian memulai perjalanan menuju pantai pink pukul 9  maka perkiraan kalian akan sampai Pantai Pink pada pukul 12 siang. Waktu yang sangat terik tapi cukuplah untuk muter2 di pantai pink, muterin pulau-pulau seputar pantai pink, selpi-selpian dan  snorkling disana. Waktu 3-4 jam tidak akan terasa bila kita bermain air. Saya sarankan untuk segera beranjak pulang, kasian juga sama pengemudinya. Bila kalian harus pulang pada hari itu juga, maka dari pantai pink kalian bisa minta antar langsung ke Bandara LOP. Penerbangan terakhir Lombok-Jakarta adalah pukul 20.30 malam. Sedangkan bagi kalian yang waktu pulangnya keesokan harinya maka, saya sarankan menginap di sekitar pantai senggigi. Banyak penginapan murah disana, kalian bisa tangkap foto terbaiknya pantai senggigi saat sunset. Dan malamnya kalian bisa istirahat dengan diiringi deburan ombak senggigi. Untuk menuju bandara kalian bisa naik Damri dengan rute senggigi-bandara dengan ongkos kurang lebih Rp 35.000/orang dengan jarak tempuh 45 menit -1 jam.
3 Hari (tidak termasuk pergi dan pulang)
Bila kalian punya waktu 3 hari. Gunakan hari ketiganya untuk menjelajahi desa sade, pantai kuta, tanjung Aan dan lainnya.
Nah, kurang lebih seperti itulah skala prioritas yang saya buat. Catatan ini saya buat untuk temen-temen yang mungkin belum terlalu hafal dengan Lombok.

Apa saja yang bisa dilakukan di pantai Pink. Snorkling, main ke gua jepang, dll. Banyak orang yang hanya tau pantai pink atau pantai tangsi saja, padahal keindahan bawah lautnya luar biasa. Jasa snorkling biasanya sepaket dengan harga sewa kapal. Sekeliling pantai pink itulah yang membuat kita tertegun-tegun melihat keindahan hasil ciptaan Tuhan yang luar biasa. Ini di Indonesia lho, bukan di Negara lain. Pernah suatu saat saya berbincang dengan seorang wisatawan mancanegara. Saya bertanya padanya mengenai pantai tersebut. menurutnya, pantai ini merupakan potongan surga dunia haha. Saya coba berbagi videonya disini hehe, editan sendiri maaf kalw jelek..

Carter Mobil
Mas Sahlan ( 0812 – 3918 – 9499 )
Sewa Kapal di Pantai Pink
Mas Andre ( 0878 – 6340 – 3107 )
Pesan Tiket pesawat
Saya sendiri, hehehe
Masih kebingungan, kontak2 saya juga boleh, Asal jangan pada saat sibuk kantor ya hehehe..