Suzuki Karimun Wagon R ; Mobil Low Cost Green Car anti Mainstream


Pagi itu saya dengar tetangga yang lagi “rame” mempermasalahkan mobil yang baru dibeli 3 bulan yang lalu.
………..…………..“kenapa sih kamu beli mobil yang itu …?” - “nyesel banget beli mobi itu, murah sih murah….tapi gak bisa masukin banyak barang”. - “ini kenapa sih bempernya udah penyok aja, padahal cuma nabrak sepeda doang……” - mas, apa kamu gak takut kunci mobilmu diduplikat orang ??” – “kok pintu mobilnya gampang dibuka sama anak-anak sih, kan bahaya?” - Kok audionya cempreng amat, kan aku suka musik, mas…gimana sih!” – “ishhhhh…ini mobil boros betul, baru kuisi full udah tinggal seperempat aja, padahal aku Cuma bolak-balik supermarket..” – “gimana sih mas kamu nyimpen ipad kok ditinggal gitu aja pas belanja di mall, gak takut dibobol apa kaca mobilnya ?, simpen dong di tempat yang aman !” – “mobilnya sih gaya, tapi gak bisa nyimpen barang diatap…gimana coba kalw kita mudik ke kampung, mas ? kan barang bawaan kita banyak…. Ada kerupuk, ada camilan-camilan, ada kue-kue, baju-baju baru buat tetangga di kampung..bla bla bla!” ….-”ihhh, lemot amat nih mobil?- “pantesan lemot, la wong mesinnya aja berat gitu keliatannya ?” dan bla…bla….bla………………………..
Mereka adalah pengantin baru sama seperti saya dan istri…hehe. Dari “keramaian” mereka, saya dengar bahwa kepala istrinya sering kejeduk atap mobil, gak bisa nyimpen banyak barang di kabin belakang dan bla bla bla….Penasaran, saya keluar rumah…. Liat mobil mereka yang terparkir tepat di depan rumah… dan, saya syok abis… saya berfikir, 


“perasaan baru tiga bulan mobil itu dibeli, kok udah penyok aja ya depannya.. kok mudah banget penyoknya, mungkin flat body-nya tipis.”

 Masih dalam keadaan penasaran saya kembali ke rumah dan langsung browsing internet. Saya petakan masalahnya kedalam beberapa point, tapi entah kenapa kok saya jadi kepo ya sama masalah mereka…hahaha. Saya klik notepad dan saya tulis point-pointnya sebagai berikut :


…………..Kabin, Bagasi, Pintu yang gampang dibuka dari dalam, Boros BBM apa nggak, Audio mobil, Tempat penyimpanan rahasia, Flat mobil, Dapur pacu, Roof trail………………..
Pertama, Kabin.
Kabin mobil tetangga terlihat sempit karena memang jenisnya hatchback. Saya lebih suka kabin yang luas karena kesannya gampang untuk bergerak. Pantes aja kedua pasangan itu cek-cok mulu, mungkin karena kabin mobil mereka sempit dan sulit bergerak… maunya, maraaah terus atau ngedumeellll terus. Pantes….makanya ke depan saya wajib punya mobil murah yang punya kabin luas, seluas dada agar selalu berlapang dada terhadap sesama..hehe

Kedua, Bagasi.
Ini nih yang sering saya liat mereka ribut. Kedua pasangan muda itu seringkali belanja di supermarket dan suka beli galon air sekalian. Karna bagasinya kecil, otomatis semua barang belanjaan dan termasuk galon-galonnya dimasukan ke kabin bagian kedua. Pernah suami tetangga saya itu gak sengaja menjatuhkan galon air dimana setengah dari airnya tumpah ruah ke dalam kabin mobil dan cek-cok pun tidak terelakan. 
 
Ketiga, Pintu.

Saya pernah mendapatkan satu kasus lain yang cukup mengerikan. Pernah suatu saat keponakan saya yang lagi pas-pasnya bikin pusing orang ikut perjalanan ke puncak. Keponakan saya loncat-loncat di kursi dan gerak-gerak yang sulit dikendalikan. Entah bagaimana caranya, dia gak sengaja membuka slot pintu hingga akhirnya terbuka. Sontak semua yang berada di mobil teriak, dan saya pun ikut syok, beruntung saat itu mobil dalam kecepatan yang tidak terlalu kencang. Akhirnya kami menepi terlebih dahulu dan memosisikan keponakan di tempat duduk yang lebih aman. Waktu itu saya pakai mobil lain dan disitu saya berfikir ada gak ya mobil yang punya fitur bisa ngunci dari dalam dan aman untuk anak. Pastinya ada, dan apa, Alhamdulillah saya sudah menemukan mobil keren itu…. Tunggu di penjelasan selanjutnya. 

Keempat, Boros BBM.

Disadari atau tidak ternyata memiliki mobil pribadi itu cukup menekan biaya rumah tangga..iya apa nggak. Semakin mewah dan tinggi cc mobil tentunya semakin tinggi biaya bensin dan biaya perawatannya. Saya gak ngerti, kenapa mobil tetangga sebelah boros banget ya, yang akhirnya terjadi keributan, padahal Cuma mobil LCGC loh. Makanya kalau ada marketing yang nawarin mobil Cuma menang di style doang mah mendingan tinggalin aja, berabe nantinya. Ada gak ya, mobil yang punya sistem penekan konsumsi bahan bakar mobil ?, soalnya saya pengantin baru nih, kudu rada ngirit dikit..hehe.. dan saya menemukan sistem itu di mobil yang saya temukan tadi.. 

Kelima, Audio mobil.

Murattal quran adalah satu salah menu musik yang paling saya gemari. Keduanya adalah nasyid dan pop sunda. Kalau pulang ke kampung, saya selalu naik bis MS yang selalu memutar musik sunda sepanjang jalan. Rasanya, ademmmm..nikmat banget. Audio busnya didesain keren banget dengan pengaturan bass yang sangat pas. Bagi saya audio mobil sangat, sangat, sangat penting. Gara-gara audio mobil yang cempreng, tetangga sebelah sering ngedumel terus tuh. Mungkin kalau saya punya mobil yang sama kayak mereka nasibnya akan sama dengan mereka. Tapi, I said, no….. saya pilih mobil yang udah mantap akan dibeli nanti… ayo dong, kamu juga beli… 

Keenam, Tempat penyimpanan rahasia.

Saat masih menjadi mahasiswa di bogor, saya berstatus sebagai marbot masjid. Pekerjaan yang berkaitan dengan marbot adalah ngepel, nyapu2, adzan dan lainnya. Masjid saya termasuk masjid besar yang mampu menampung 2000 orang dan dilengkapi dengan CCTV di beberapa sudut bangunan. Waktu itu jumlah CCTV yang terpasang baru 4 buah kalau tidak salah, ya cukup lumayan lah. Namun, walaupun sudah dipasang CCTV pembobolan kaca mobil kerap terjadi di tempat parkir masjid. Sejumlah uang, koper yang berisi surat-surat tanah yang berharga serta laptop dan gadget lainnya raib digondol maling. Saya tekankan disini bahwa dimanapun, pembobolan dan pencurian bisa saja terjadi di masjid sekalipun walaupun disitu ada satpam yang berlalu lalang mengontrol situasi tempat parkir. Maka, saat itu saya berdiskusi dengan pihak keamanan untuk lebih meningkatkan kemanan disekitar masjid dan menginformasikan kepada setiap pemilik mobil untuk tidak meninggalkan barang-barang yang berharga saat menunaikan shalat. Nah tuh,makanya sebuah mobil perlu semacam tempat penyimpanan rahasia yang mampu menyimpan barang-barang berharga saat melakukan perjalanan. Karena adakalanya kita harus meninggalkan barang-barang tersebut saat kita mengunjungi suatu tempat. Dan, yes.. mobil bidikan saya ternyata punya fitur penyimpanan rahasia itu…… 

Ketujuh, Flat mobil.

Sudah baca kan omelan-omelan istri tetangga saya. Ya,,, mobilnya yang gampang benyok. Saya dengar mobilnya Cuma “nyentuh” sepeda doang, tapi benyoknya lumayan dalem. Otomatis dong harus didempul. Berapa coba biaya dempul sekarang, hmm. Lumayan lah.. mending kalau mobilnya masih ada service gratis dari dealer., tapi kalw sebaliknya butuh berapa uang yang harus dikeluarin untuk mengembalikan mobil ke keadaan yang semula. Oleh karena itu, catet yuk baik-baik… punya mobil harus yang punya flatnya tebel, biar aman. Aman buat jiwa raga kita dan aman buat kantong kita. Hehe

Kedelapan, Dapur pacu.

Namanya juga dapur, tempat memberikan tenaga bagi mobil. Sama dengan dapur di rumah, kalw gak ada dapur kita gak bisa makan, kalau gak bisa makan berarti kita gak bisa hidup. Dan…… tau sendiri dong apa akibatnya kalau gak makan.hehe. Dapur pacu inilah biangnya si mobil. Ada satu anggapan umum yang kebenarannya saya gak tau. Begini katanya 

“ kalau beli mobil pabrikan jepang yang dilihat adalah flat mobilnya, karna dapurnya pacunya 100% pasti oke. Dan kalau mau beli pabrikan eropa yang harus diperiksa adalah dapur pacunya.”

Saya gak tau ini bener apa nggak, saya pernah dengar dari Adrian Maulana presenter berita Indonesia Morning Show di Net. Berbicara masalah dapur pacu, saya lebih suka yang middle, gak lemot dan gak kekencengan CC-nya. Saya tipikal orang yang terlalu berobsesi, karna bisa berimplikasi pada kecepatan kendaraan. Termasuk salah satunya adalah motor, Alhamdulillah motor saya adalah yang ber-CC sedang jadi saya gak bisa ngebut bawa motor. Dapur pacu mobil yang saya bidik sangat pas dengan tipikal saya, dan kayaknya mobil bidikan saya ini sangat pas untuk keluarga baru seperti saya atau muda-mudi Indonesia yang saat ini lagi milah milih mobil murah. 

Sembilan, Roof trail.

Mobil-mobil LCGC berjenis hatchback agak kurang pas kalw dipasangin roof trail diatas mobilnya. Berbeda dengan mobil bidikan saya ini, tampak manis dan sporty tentunya. Saya suka berkegiatan luar ruangan bareng istri. Kami penggiat olahraga alam, dan kami dipertemukan di salah satu seleksi organisasi penggiat alam nasional di Bandung. Roof trail bagi saya wajib ada di mobil saya, mengingat saya sering pulang kampung dan tau sendiri lah kalau pulau dari kampung bawaannya apa aja. Barang-barang bawaan gak bisa semuanya dimasukin ke kabin dong, sisanya kita simpan di atap mobil. Iya gak…
Dari tadi saya nyeritain kalau saya udah bidik mobil murah yang fiturnya lengkap alias serba ada, dan merupakan solusi untuk kegalauan saya sebagai pengantin baru. Nah saya ingin memperkenalkan temuan saya itu dan taraaaaaaaaaaaaa…… klik aja dibawah ini : 

http://www.suzuki.co.id/cars_prods_karimun_wagon_r.php
 

Ternyata mobil itu adalah jenis LCGC (low cost green car) dengan harga kurang lebih dibawah 100 jt. Kejadian pagi itu menjadi salah satu pertimbangan bagi saya bahwa : 

" Beli mobil jangan asal MURAH dan GAYA aja, TAPI mobil harus yang flat body-nya tebal, punya kabin luas dan tempat penyimpanan barang yang gede". 

Tabungan saya hampir pas dengan harga mobil-mobil LCGC. Saya mutusin beli mobil yang satu itu karena jumlah keluarga masih belum banyak alias di keluarga hanya ada saya dan istri. Untuk pengantin baru seperti saya dan buat muda-mudi dengan mobilitas kegiatan yang super padat kayaknya mobil LCGC sangat pas jadi sasaran untuk dimiliki. Masalahnya adalah, pabrikan mana yang ngasih LEBIH ke kita…hehe. Kita gak bisa bohong-bohongan dong, kita emang pengen beli mobil yang murah tapi kualitas bukan murahan alias sejajar dengan mobil yang mahal…hehe. Iya gak ?? pasti iya kan….

"Mobil yang akan dibeli harus sesuai dengan kondisi kultur di Indonesia yaitu suka ngajak keluarga, temen, tetangga jalan-jalan bareng. Orang Indonesia kalaw jalan-jalan, belum sah kalaw gak bawa makanan, tikar, atau mungkin sepeda lipat dan lain sebagainya. Maka, mobil yang akan dibeli WAJIB memiliki bagian penyimpanan yang cukup. Apalagi sekarang lagi musimnya mobil dijadikan alat usaha. Banyak pemilik mobil yang menggunakan mobilnya untuk jualan pakaian dan lainnya."
Suzuki Karimun Wagon R ini sesuai dengan apa yang ORANG INDONESIA harapkan, yaitu kokoh dan luas alias kecil kemungkinan kepala kepentok atap mobil. Bagian belakangnya cukup untuk menyimpan sepeda lipat, keranjang makanan, koper kalw saya ke bandara dan galon air. Saya scroll artikel tersebut dan ini yang saya suka, yaitu flat body-nya lebih tebal dibandingkan dengan mobil-mobil LCGC lainnya. Tebal tipisnya flat body sangat penting bagi saya, soalnya besar kemungkinan mobil akan “bersentuhan” dengan kendaraan baja lain yang menyebabkan body cepat benyok dan itu keliatan jelek. Saya baca betul artikel tersebut dan tadaaa… pabrikan Suzuki. Saya teringat dengan “wejangan” kawan saya, gini katanya: 

bro, beli mobil gak usah neko-neko deh… beli yang udah bener-bener eksis dan ngasih pelayanan service yang baik dan memuaskan…aku udah gonta-ganti mobil 3 kali, dan mobil pabrikan Suzuki yang paling muasin aku. Pelayanan bengkelnya enak, gak rewel, dan harganya lebih ringan di dompet. Bagiku mobil itu selain sylist dan performanya yahud, juga kudu punya asal-usul pabrikan yang jelas…so, aku saranin kamu beli pabrikan Suzuki…dah, gak usah lirak-lirik pabrikan laen….trust me!!

Saya rangkum deh catatan-catatan dari berbagai pihak mengenai Suzuki Karimun Wagon R ini : 
  
Dari catatan pihak-pihak yang berkompeten tadi saya membuat ringkasan dan penilaian-penalian singkat sebagai berikut :

Deskripsi
Mobil LCGC lain
Nilai
Karimun Wagon R
Nilai
Keputusan Beli
Mobil Laen
Karimun Wagon R
Flat Mobil
Tipis
50
Tebel
100
No
Yes
Kunci
Dikunci Biasa
40
Immobilezer yang kuncinya gak bisa didupilkat
100
No
Yes
BBM
Boros gak ketulungan
30
Irit rit rit rit
100
No
Yes
Harga
Mahal doang, fiturnya mainstream banget
50
Murah euy
100
No
Yes
Kabin
Sempit
50
Luas, lega, lapang
100
No
Yes
Tempat Penyimpanan
Gak ada
50
Ada dong namanya Under Seat Tray
100
No
Yes
Pintu
Konvensional
50
Child Proof Door Lock yang berfungsi sebagai pengaman pintu bagi anak-anak
100
No
Yes
Dapur Pacu
Lumayan lah
80
Pas
100
No
Yes

Sekarang sudah tidak ada sedikitpun keraguan untuk memiliki mobil yang satu ini. tabungan mobil Saya udah jelas mau dibeliin apa. Beli wagon R gak usah mikir lama, ambil kesempatan ini dengan cepet yukk… 

Klik satu-satu ya fitur-fitur Suzuki Wagon R-nya : 
http://www.suzuki.co.id/cars_prods_karimun_wagon_r.phphttp://www.suzuki.co.id/cars_prods_karimun_wagon_r_ext.phphttp://www.suzuki.co.id/cars_prods_karimun_wagon_r_int.phphttp://www.suzuki.co.id/cars_prods_karimun_wagon_r_perf.phphttp://www.suzuki.co.id/cars_prods_karimun_wagon_r_safety.php

http://www.suzuki.co.id/cars_prods_karimun_wagon_r_colors.phphttp://www.suzuki.co.id/cars_prods_karimun_wagon_r_tvc.phphttp://www.suzuki.co.id/cars_prods_karimun_wagon_r_spec.phphttp://www.suzuki.co.id/karimun_wagon_r/

 "Diskusikan dengan keluarga, istri, teman dan lainnya... 
yakinkan kepada mereka bahwa the real low cost green car  
adalah Suzuki Karimun Wagon R
BUKAN YANG LAIN. okkeeyy "



Load comments

4 Comments